Halaman

Rabu, 30 April 2014

BAB 6 KARANGAN ILMIAH

Nama        : Janu Busniati
Npm         : 13211783
Kelas        : 3EA04


BAB 6
KARANGAN ILMIAH

Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Ada berbagai jenis karya ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar atau  simposium, dan artikel jurnal yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya. Di perguruan tinggi, khususnya jenjang S1, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah seperti makalah, laporan praktikum, dan skripsi (tugas akhir). Skripsi umumnya merupakan laporan penelitian berskala kecil, tetapi dilakukan cukup mendalam. Sementara itu, makalah yang ditugaskan kepada mahasiswa lebih merupakan simpulan dan pemikiran ilmiah mahasiswa berdasarkan penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ditulis oleh para pakar dalam bidang persoalan yang dipelajari. Penyusunan laporan praktikum ditugaskan kepada mahasiswa sebagai wahana untuk mengembangkan kemampuan menyusun laporan penelitian.

6.1. Timbangan Buku

Pengertian dan Tujuan Resensi adalah tulisan timbangan suatu hasil karya atau wawasan tentang baik dan kurang baiknya kualitas suatu tulisan yang terdapat dalam suatu karya. Resensi dapat pula diartikan sebagai suatu tulisan yang memberikan penilaian terhadap suatu karya baik fiksi maupun nonfiksi dengan cara mengungkapkansegi keunggulan dan kelemahannya secara objektif.

6.2. Ringkasan

Ringkasan adalah penyajian karangan atau peristiwa yang panjang dalam bentuk yang singkat dan efektif. Ringkasan adalah sari karangan tanpa hiasan. Ringkasan itu dapat merupakan ringkasan sebuah buku, bab, ataupun artikel. Fungsi sebuah ringkasan adalah memahami atau mengetahui sebuah buku atau karangan. Dengan membuat ringkasan, kita mempelajari cara seseorang menyusun pikirannya dalam gagasan-gagasan yang diatur dari gagasan yang besar menuju gagasan penunjang, melalui ringkasan kita dapat menangkap pokok pikiran dan tujuan penulis.


6.3. Timbangan Pustaka

Pustaka adalah halaman terakhir yang di buat untuk mengetahui data-data yang di ambil dari sumber-sumber yang ada dalam buku, majalah, komik, maupun dari internet.supaya pembaca dapat mengetahui dasar dari pembuatan buku ini supaya tidak di bilang copy paste/menjiplak karya orang lain.karena setiap mengambil data tidak mencantumkan sumber/penerpit/nama orang pengarang akan di kenakan dalam pasal yang ada di indonesia.


PERTANYAAN

1. Laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Merupakan pengertian dari …
    a. Penulisan ilmiah
    b. Karya ilmiah*
    c. Penelitian ilmiah
    d. Karangan ilmiah

2. Laporan penelitian, makalah seminar atau  simposium, dan artikel jurnal merupakan bagian dari …
    a. Jenis karya ilmiah*
    b. Tujuan karya ilmiah
    c. Metode karya ilmiah
    d. Karakteristik karya ilmiah

3. Apa yang dimaksud dengan timbangan buku …
    a. Penyajian karangan atau peristiwa yang panjang dalam bentuk yang singkat dan efektif.
    b. Tulisan timbangan suatu hasil karya atau wawasan tentang baik dan kurang baiknya kualitas suatu tulisan yang terdapat dalam suatu karya.*
    c. Laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang.
    d. Laporan penelitian berskala kecil, tetapi dilakukan cukup mendalam.

4. Penyajian karangan atau peristiwa yang panjang dalam bentuk yang singkat dan efektif Ringkasan adalah sari karangan tanpa hiasan merupakan pengertian dari …
    a. Timbangan pustaka
    b. Karangan
    c. Ringkasan*
    d. Timbangan buku

5. Buku, majalah, komik adalah sumber-sumber data yang diambil dari sebuah …
    a. Timbangan buku
    b. Ringkasan
    c. Karya ilmiah
    d. Timbangan pustaka*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar