Halaman

Selasa, 03 Juni 2014

BAB 9 LAPORAN ILMIAH - BAHASA INDONESIA 2

NAMA : JANU  BUSNIATI
NPM : 13211783
KELAS : 3A04

BAB 9 LAPORAN ILMIAH

Laporan ilmiah ialah karya tulis ilmiah yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang berhubungan secara struktural atau kedinasan setelah melaksanakan tugas yang diberikan. Laporan ilmiah harus memuat data yang tepat dan benar serta objektif dan sistematis sehingga dapat dijadikan ukuran untuk membuat pertimbangan dan keputusan. Berdasarkan sifat penyajiannya, laporan dibedakan menjadi laporan formal
dan laporan informal.

A. UNSUR-UNSUR KERANGKA LAPORAN

Laporan ilmiah dapat berbentuk naskah atau buku karena berisi hal-hal yang terperinci berkaitan dengan data-data yang akurat dan lengkap. Laporan ilmiah atau laporan formal terdiri atas :
Bagian awal, terdiri atas :
• Halaman judul: judul, maksud, tujuan penulisan, identitas penulis, instansi asal, kota penyusunan, dan tahun
• Halaman pengesahan (jika perlu)
• Halaman motto/semboyan (jika perlu)
• Halaman persembahan (jika perlu)
• Prakata;
• Daftar isi;
• Daftar tabel (jika ada)
• Daftar grafik (jika ada)
• Daftar gambar (jika ada)
• Abstrak : uraian singkat tentang isi laporan

Bagian Isi, terdiri atas:
• Bab I Pendahuluan berisi tentang: Latar belakang, Identitas masalah, Pembatasan masalah, Rumusan masalah, Tujuan dan manfaat
• Bab II : Kajian Pustaka
• Bab III : Metode
• Bab IV : Pembahasan
• Bab V : Penutup

Bagian Akhir, terdiri atas
• Daftar Pustaka
• Daftar Lampiran
• Indeks : Daftar istilah

B. MANFAAT PENYUSUNAN LAPORAN

1. Memberikan Keterangan
Bermaksud memberikan keterangan kepada atasan atau pihak yang harus mengetahui suatu kegiatan. Jenisnya ada dua macam : Jenis pertama laporan memberi keterangan yang menyangkut perkembangan atau kegiatan rutin dari satu waktu ke waktu yang lain. Laporan jenis ini sering disebut laporan berkala, ada laporan berkala harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Jenis kedua adalah laporan khusus yang bersifat incidental. Laporan khusus dapat berupa penyampaian hasil percobaan atau hal-hal yang berhubungan
dengan jalannya suatu kegiatan.

2. Memulai Suatu Kegiatan
Dalam laporan jenis ini dicantumkan uraian segala sesuatu yang berkenaan dengan tugas yang akan dilaksanakan. Penyajiannya harus tegas, terarah dan jelas.

3. Mengkoordinasi Suatu Kegiatan
Laporan jenis ini berisi masalah pengaturan atau penempatan sesuatu pada tempatnya, susunannya atau keadaannya secara wajar. Segala sesuatu yang dikoordinasi dikemukakan secara jelas dan padat. Hanya pokok yang berhubungan dengan hal yang dikoordinasilah yang perlu dimasukan dalam laporan.

4. Merekam Pelaksanaan Kegiatan
Laporan jenis ini dapat dibedakan atas laporan kemajuan dan laporan akhir. Laporan kemajuan disusun menurut jangka waktu tertentu ada kalanya laporan kemajuan disusun tidak berdasarkan jangka waktu tertentu tetapi berdasarkan persentase pencapaiaan. Laporan akhir merupakan rangkuman keseluruhan pekerjaan hingga selesai.


PILIHAN GANDA

1. Berdasarkan sifat penyajiannya laporan dibedakan menjadi …
a. 2* c. 4
b. 1 d. 6

2. Apa saja sifat penyajian laporan …
a. Laporan kemajuan dan laporan akhir
b. Laporan berkala dan laporan periodis
c. Laporan formal dan laporan informal*
d. Laporan informal dan laporan periodis

3. Bagian awal dari kerangka laporan terdiri atas, kecuali …
a. Halaman judul c. Pembahasan*
b. Daftar isi d. Abstrak

4. Laporan ilmiah adalah …
a. Laporan yang diserahkan setiap periode regular dan dimaksudkan untuk menyediakan informasi          tentang status organisasi atau aktivasinya.
b. Laporan yang diserahkan guna menyediakan informasi tentang kemajuan suatu rencana usaha.
c. Suatu wahana penyampaian berita, informasi, pengetahuan atau gagasan dari seseorang kepada      orang lain.
d. Karya tulis ilmiah yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang berhubungan secara  struktual atau kedinasan setelah melaksanakan tugas yang diberikan*

5. Manfaat adanya penyusunan laporan adalah …
a. Mengkoordinasi suatu kegiatan*
b. Sebagai wahana melatih mengungkapkan pemikiran
c. Melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian
d. Sebagai wahana transformasi pengetahuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar